Teknologi

Pengembangan Aplikasi Android: Panduan Pemula

Jadi, pikiran Anda dipenuhi dengan kreativitas untuk membuat aplikasi pelepas dahaga bagi pengguna. Beberapa gambar hebat muncul di benak Anda di mana Anda dapat melihat unduhan yang tidak ada duanya? Di mana Anda terjebak? Apakah dalam belajar coding Aplikasi Android sukses?

Belajar adalah proses yang tidak pernah berakhir dan jika Anda memiliki rasa lapar dalam diri Anda, tidak ada tugas yang tidak dapat diselesaikan. Pengembangan Aplikasi Android bisa menjadi tugas yang menakutkan, terutama jika Anda seorang pemula. Banyak pengetahuan mendalam diperlukan untuk memulai proses pengembangan. Beberapa istilah yang mungkin tidak Anda kenal muncul, tetapi terima kasih khusus kepada Google, yang membuat pekerjaan kami lebih mudah. Ambil napas dalam-dalam dan kencangkan sabuk pengaman Anda untuk pengkodean besar bergelombang di bagian depan.

Langkah 1: Pemilihan Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah perangkat lunak terpenting yang berjalan di komputer. Ini adalah media komunikasi antara programmer dan komputer itu sendiri. Pemilihan OS (Operating System) yang tepat tergantung pada ruang lingkup proyek Anda. Ada tiga OS utama yang menguasai dunia Internet – Linux, Windows, dan Mac.

Linux adalah OS pilihan oleh sebagian besar pengembang, tetapi jika Anda baru mengenalnya, pilihlah Sistem Operasi Windows. Setelah pemilihan selesai, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya dari instalasi Android Studio.

Langkah 2: Unduh dan Instal Android Studio

Android Studio adalah ‘Lingkungan Pengembangan Terpadu’ yang paling banyak digunakan oleh Google. IDE adalah platform tempat Anda dapat melihat kode yang Anda tulis dan melihat sendiri hasilnya. Setelah mengunduh Android Studio, Anda dapat menyelesaikan proses penginstalan untuk melihat layar tempat Anda dapat menjalankan kode Anda.

Editor biasa juga dapat digunakan untuk menjalankan kode, tetapi mengapa mengabaikan hak istimewa IDE ini? Ini dirancang khusus untuk membuat kode dan Aplikasi Android.

Langkah 3: Unduh Java Development Kit (JDK)

Setelah Android Studio diunduh, software penting berikutnya adalah JDK. Bahasa pemrograman yang akan digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android adalah JAVA. Oleh karena itu, untuk menggunakan Android Studio, perlu diinstal JDK yang dapat diunduh di sini. Ikuti petunjuk dengan hati-hati untuk menginstal. Setelah selesai, Android Studio Anda siap diluncurkan.

Faktor penentu lainnya adalah UI tempat Anda ingin melihat output kode Anda. Ada dua opsi yang terbuka untuk Anda – Emulator atau Perangkat Waktu Nyata.

Android Emulator adalah Perangkat Virtual Android yang akan persis sama dengan perangkat Android Anda dan dapat digunakan untuk menjalankan dan menguji kode Anda. Jika Anda memilih untuk menguji kode Anda pada Perangkat Waktu Nyata, Driver yang mendukungnya perlu diinstal ulang.

Langkah 4: Mulai Proyek Pertama Anda

Anda siap untuk memulai Proyek Android Studio baru Anda. Masukkan nama proyek yang Anda tunggu dan setelah berhasil diselesaikan, Anda dapat mengunggahnya ke Google Play Store.

Memberi nama proyek Anda harus cukup cerdas karena ini akan menjadi file yang akan dilihat oleh semua pengguna. Saat memikirkan sebuah aplikasi, Anda mungkin telah memutuskan platform tempat aplikasi itu akan dijalankan, yang artinya; Telepon atau Tablet.

Langkah 5: Halaman Awal untuk Proyek Akhir

Setelah aplikasi yang Anda buat, dibuka, Anda dapat melihat pesan yang mengatakan- “Halo Dunia”. Ini adalah program terkecil yang dibuat oleh semua pengembang sambil mempelajari teknologi baru. Dari sini, Anda dapat mulai mengkodekan proyek yang Anda inginkan. Ini bisa berupa Aplikasi Daftar Pekerjaan atau aplikasi Pemesanan Taksi atau bahkan Toko Buku.

Akhirnya Melompat ke Realita

Tidak semua aplikasi berhasil dan mendapatkan ulasan yang bagus. Sejumlah pengalaman pemasaran dan ramah pengguna adalah sesuatu yang paling perlu difokuskan. Juga, JAVA adalah bahasa yang membutuhkan pengetahuan yang mendalam. Berlatih adalah cara terbaik untuk tampil cemerlang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button